Home » Home » Hari Guru, Kakanwil Kemenag Sulsel Kawal Program Afirmasi Bagi Guru

MAKASSAR.TV-SULAWESI, Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) yang jatuh setiap Tanggal 25 November setiap tahunnya menjadi pengingat akan besarnya jasa Guru. Peringatan HGN Tahun 2021 kali ini mengusung tema “Guru Peduli Cerdaskan Anak Negeri”.

Menurut Kakanwil Kemenag Sulsel Khaeroni, HGN merupakan bentuk pengakuan negara atas besarnya peran dan kiprah guru dalam mencerdaskan generasi bangsa dan mengisi kemerdekaan. Untuk itu, Kemenag terus meningkatkan kepedulian dan perhatian terhadap guru, pendidik anak negeri. Salah satunya melalui program afirmasi bagi guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

“Kemenag terus peduli terhadap para guru demi pendidikan dan masa depan anak negeri. Kemenag antara lain fokus pada program afirmasi untuk guru madrasah dan pendidikan agama. Kemenag terus berupaya meningkatkan kesejahteraan dan kompetensi guru,” ujar Khaeroni di Ruang kerjanya, Kamis (25/11/2021).

Khaeroni mencontohkan sejumlah program afirmasi yang dilakukan sepanjang 2021. Menurutnya, tahun ini Kemenag mencairkan Tunjangan Profesi Guru (TPG), baik bagi Guru Madrasah maupun Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Sekolah dengan anggaran mencapai Rp9,9 triliun untuk 307.380 guru (PNS dan Non PNS), termasuk yang ada di Sulawesi Selatan ini.

Masih dalam rangka meningkatkan kesejahteraan, Kemenag juga telah memberikan bantuan insentif kepada 273 ribu guru dengan anggaran sebesar 647 M. Sekitar Rp1,7 triliun juga telah disalurkan tahun ini untuk menyelesaikan pembayaran selisih tunjangan kinerja (tukin) guru madrasah yang terhutang sejak 2015-2018. Tercatat ada 85.820 guru madrasah yang menerima manfaat dari afirmasi ini. Demikian juga dengan pembayaran tukin terhutang guru Pendidikan Agama Islam dengan anggaran mencapai Rp158 miliar.

Pada aspek peningkatan kompetensi, lanjut Kakanwil, Kementerian Agama telah dan sedang mengupayakan penguatan program sertifikasi guru melalui jalur PPG (pendidikan profesi guru), pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Pengawas, Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah, serta sejumlah kegiatan penyelenggaraan Pendidikan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

“HGN selalu memberi pesan tentang besarnya jasa para guru. Untuk itu, tugas Kemenag adalah mengawal pelaksanaan program-program afirmasi bagi peningkatan kesejahteraan dan kompetensi bagi Para Pahlawan Penentu Masa Depan Bangsa ini,” lanjutnya.

Khaeroni juga berpesan kepada seluruh Guru dimanapun saat ini mengabdi, Ingat.. Bahwa orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tapi guru yang bermutu dapat melahirkan ribuan orang-orang hebat. Selamat hari Guru 2021.

Sebagaimana Tema HGN tahun ini “Guru Peduli Cerdaskan Anak Negeri”, maknanya Guru peduli itu adalah Guru yang memiliki empati dan simpati kepada siswanya, karena tugas guru adalah mentransformasikan ilmu pengetahuan dan sekaligus membentuk karakter baik siswanya, serta mendorong Peserta didik memiliki kesadaran untuk terus meningkatkan rasa ingin tahu ” imbuhnya.(rls)

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement


COPYRIGHT © 2017 - 2021. MAKASSAR.TV ~ REDAKSI | INFO IKLAN
NEW REFERENCE | DIGITAL MEDIA & NEWS VIDEO PORTAL