Home » Home » Musim Penghujan Datang, Segera Penuhi Asupan Cairan Dalam Tubuh

MAKASSAR.TV-NASIONAL, Musim hujan di Indonesia sebentar lagi datang. Beberapa kota kota besar di Indonesia, seperti Jakarta surabaya dan makassar, sudah mulai diguyur hujan dalam beberapa waktu belakangan. Saat musim hujan tiba, biasanya tubuh lebih rentan terhadap penyakit, seperti flu, batuk, dan demam berdarah dengue. Hal ini akibat perubahan suhu dan mudahnya penyebaran virus di musim hujan. Ditambah lagi, saat musim yang datang pada Oktober-April ini, biasanya aktivitas fisik cenderung minim sehingga daya tahan tubuh turut menurun. Musim hujan tahun ini patut menjadi perhatian lebih serius. Pasalnya, musim tersebut tiba di saat pandemi Covid-19 masih melanda di Indonesia. Selain penyakit musiman tadi, Covid-19 juga masih menjadi ancaman serius. Terlebih, pertumbuhan kasus positif per hari di Indonesia masih tergolong tinggi.

Dengan situasi seperti itu, menjaga daya tahan tubuh menjadi sebuah keharusan. Bila imunitas kuat, setidaknya tubuh dapat terhindar dari resiko penyakit musiman maupun Covid-19, dimulai dari memenuhi cairan didalam tubuh.

Tubuh manusia membutuhkan air untuk dapat beraktivitas dengan baik setiap harinya. Air mineral atau air putih adalah minuman paling baik bagi tubuh agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Berdasarkan informasi yang dilansir dari Cleveland Clinic, ada perbedaan kebutuhan air mineral bagi pria dan wanita. Wanita membutuhkan asupan air sebanyak 2,7 liter dan pria membutuhkan 3,7 liter. Namun, kebutuhan air setiap orang berbeda-beda. Faktor yang menentukan kebutuhan air mineral Ada 4 hal yang menentukan berapa banyak kebutuhan air mineral setiap harinya:

Tingkat aktivitas, Bagi Anda yang yang banyak beraktivitas sepanjang hari atau berolahraga, sebaiknya minum lebih banyak air.

Metabolisme, Jika Anda berpikir Anda memiliki metabolisme yang cepat dan tubuh Anda tampaknya membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk menjaga agar mesinnya tetap hidup, Anda mungkin ingin minum beberapa teguk ekstra di siang hari.

Berat badan, Semakin berat bobot tubuh Anda, maka semakin banyak air yang Anda butuhkan setiap harinya.

Tanda tubuh kekurangan air, Meski Anda tidak meras haus, jangan menganggap Anda minum cukup air. Kurang atau tidaknya asupn air di tubuh bisa kita lihat dari warna urin. Jika warnanya kuning pucat, berarti kebutuhan air tubuh kita terpenuhi.

Melansir dari Healthline, air mineral bisa dikemas dalam botol dan aman dikonsumsi selama lebih dari 6 bulan lamanya jika pengemasan dilakukan dengan tepat. Air mineral yang belum tercampur bahan tambahan apapun akan tahan lama. Perubahan rasa mungkin saja terjadi, namun air masih tetap aman untuk dikonsumsi.

Perubahan rasa pada air mineral terjadi karena banyak faktor. Yang sering terjadi adalah karena ada reaksi antara air dan karbondioksida. Reaksi ini membuat kadar asam di dalam air bertambah menjadi beberapa kali lipat. Nah kadar asam inilah yang membuat cita rasa air mineral menjadi sedikit lebih berbeda. Jadi ketika akan mengemas air putih ke dalam botol, gunakan botol food grade yang sudah disterilkan dengan benar. Simpan botol di tempat yang sejuk, kering dan gelap agar air bisa tahan hingga 6 bulan lamanya, salam sehat.(mtv)

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement


COPYRIGHT © 2017 - 2021. MAKASSAR.TV ~ REDAKSI | INFO IKLAN
NEW REFERENCE | DIGITAL MEDIA & NEWS VIDEO PORTAL