Home » Home » Warna Karsa, Pagelaran Karya Anak Tunanetra Makassar

MAKASSAR.TV – SULAWESI, Warna Karsa merupakan sebuah pameran karya multi-sensori hasil buatan tangan anak tunanetra dari Panti YAPTI (Yayasan Pembina Tunanetra Indonesia) Makassar.

Pameran karya Warna Karsa ini diadakan sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusi anak-anak tunanetra dari Panti YAPTI mencoba untuk menghubungkan tunanetra dan ilustrasi yang notabene sebagian besar kegiatannya membutuhkan indra visual.

Pameran karya buatan anak tunanetra dari Panti YAPTI digelar di Rumata Art Space, pada hari selasa, 15 Juni 2021, kemarin.

Saat ini Kota Makassar tercatat sebagai daerah penyandang disabilitas tunanetra keempat terbesar (10.22%), memiliki aksesibilitas tidak memadai yang juga menyulitkan kaum tunanetra untuk beraktivitas secara mandiri ke suatu tempat.

Jumlah penyandang disabilitas yang begitu besar terutama penyandang tunanetra tersebut perlu mendapatkan perhatian yang memadai dari pemerintah. Dengan harapan mereka tidak selamanya terbelenggu dengan keterbatasannya.

Banyak tunanetra yang kesulitan dalam mencari pekerjaan karena keterbatasan yang dimiliki, serta stigma negatif dari lingkungan membuat tunanetra tidak dapat mengambil setiap kesempatan atau peluang yang ada.

Ditemui di Rumata Art Space, Katriel Prasetya, sebagai penanggung jawab acara mengungkapkan bahwa Pameran Karya Warna Karsa bertujuan untuk meningkatkan kesadaran orang-orang terhadap tunanetra yang ada di Makassar.

Dia juga menjelaskan bahwa, masyarakat harus menyadari kawan-kawan tunanetra yang memiliki kebutuhan khusus, juga dapat berkarya dan menghasilkan sesuatu yang produktif untuk kepentingan bersama.

Warna Karsa menampilkan hasil karya ilustrasi anak-anak tunanetra, proses pembelajaran dari awal mereka yang masih kurang familiar terhadap seni, hingga mereka yang berhasil membuat suatu karya yang kemudian diimplementasikan ke produk fashion sehingga menjadi karya seni yang fungsional.

Pameran Karya multi-sensori ini diselenggarakan selama satu hari, dan dihadiri oleh para penikmat karya ilustrasi di Kota Makassar. (Andi Takbiran)

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


COPYRIGHT © 2017 - 2021. MAKASSAR.TV ~ REDAKSI | INFO IKLAN
NEW REFERENCE | DIGITAL MEDIA & NEWS VIDEO PORTAL