Home » Home » Disdukcapil Bulukumba Terbitkan Dokumen Kependudukan Via Online

MAKASSAR.TV – SULAWESI, Dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19 (Corona), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bulukumba membuat sistem baru dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat.

Jika sebelumnya masyarakat harus datang langsung untuk mengurus dokumen kependudukannya, kali ini Disdukcapil Bulukumba melakukan pelayan via Daring (Online). Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk meminimalisir penyebaran pandemi berbahaya tersebut.

“Ini salah satu strategi untuk mengurangi interaksi dan kontak fisik antar pegawai bersama dengan masyarakat yang hendak mengurus di pencatatan sipil,” jelas Kepala Disdukcapil Bulukumba, Muliati saat dikonfirmasi, Minggu, 29 Maret 2020.

Lebih jauh Muliati menjelaskan proses pengurusan dokumen kependudukan bisa dilakukan melalui Whatsapp. Masyarakat cukup mengirimkan data diri dan kelengkapan dokumen serta mencantumkan dokumen yang dibutuhkan.

“Sistem Daring ini dapat dilakukan via WhatsApp dengan nomor 089530768121, yang nantinya akan disambut oleh pegawai kita,” terangnya.

Sistem tersebut mulai beroperasi pekan lalu. Melalui sistem tersebut masyarakat dapat mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan Penduduk, hingga pengurusan Surat Keterangan Pindah Datang.

“Jika pengurusan dokumen dinyatakan sudah selesai, maka pegawai kita langsung menyerahkannya kepada masyarakat sesuai nomor antrian online sebelumnya,” tutup Muliati.

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement


COPYRIGHT © 2017 - 2021. MAKASSAR.TV ~ REDAKSI | INFO IKLAN
NEW REFERENCE | DIGITAL MEDIA & NEWS VIDEO PORTAL