MAKASSAR.TV, MAKASSAR — Agen perjalanan umrah, Abu Tours and Travel, meminta agar jemaah umrah yang telah mendaftar untuk menambah biaya sebesar Rp5 juta hingga Rp15 juta, jika ingin diberangkatkan.

Syarat tersebut dijelaskan pemilik Abu Tours and Travel, Muh Hamzah Mamba, melalui maklumat tertulis bertanggal 9 Februari 2018.

Hamzah menyatakan, jemaah yang berasal dari wilayah Jakarta harus menambah biaya sebesar Rp5 juta, Makassar sebesar Rp6 juta, dan Kendari sebesar Rp7 juta.

Itupun dengan syarat, masing-masing jemaah wajib mengajak 2 jemaah baru dengan harga paket Rp21 juta untuk masing-masing jemaah.

“Jemaah lama berhak mendapatkan bonus 1 voucher potongan harga paket umrah senilai Rp5 juta,” jelasnya.

Sedangkan untuk jemaah yang hanya bisa mengajak 1 jemaah baru, dengan harga paket Rp21 juta, Abu Tours mewajibkan mereka untuk menambah biaya lebih besar.

Untuk jemaah yang berasal dari wilayah Jakarta wajib menambah biaya sebesar Rp9 juta, Makassar sebesar Rp10 juta, dan Kendari sebesar Rp11 juta.

“Jemaah lama berhak mendapatkan bonus 2 voucher potongan harga paket umrah senilai Rp5 juta per voucher,” imbuhnya.

Sementara, jemaah yang tidak mengajak jamaah baru, diwajibkan menambah biaya pemberangkatan sebesar Rp15 juta. Mereka juga berhak mendapatkan voucher paket umrah sebanyak 3 lembar, dengan nilai Rp5 juta per voucher.

Hamzah melanjutkan, jemaah yang bersedia menambah biaya pemberangkatan akan diberangkatkan dalam kurun waktu 4 hingga 7 hari setelah penambahan biaya.

Untuk jemaah yang tidak bersedia menambah biaya pemberangkatan, Hamzah mengaku pihaknya akan memberangkatkan mereka setelah kemampuan keuangan Abu Tours and Travel memungkinkan.

Dalam maklumat tersebut, Hamzah sama sekali tidak menyinggung mengenai pengembalian atau refund uang jemaah yang telah disetor. (ril)

Penulis : Burhan
Sumber Visual : Idham Ama/FAJAR