MAKASSAR.TV, MAKASSAR — Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan penghargaan Prediksi B kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) atas pencapaian dan keikutsertaan dalam akuntabilitas kinerja tahun 2017.

Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Sulsel, Rizal Syam, dari hasil survei KemenPAN-RB Pemprov Sulsel memperoleh nilai 62,04 atau prediksi B.

Penilaian tersebut menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran yang cukup baik. Jika dibandingkan dengan capaian kinerjanya.

“Ini merupakan satu prestasi untuk Sulawesi Selatan lagi. Yang tadinya nilainya C atau D. Untuk mendapatkan nilai ini kan tidak mudah,” katanya, Rabu (7/3/2018).

Lebih lanjut Rizal mengatakan penilaian tersebut mencakup beberapa hal di antaranya melihat Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan program kerja yang ada di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Pemeriksaan yang dilakukan ini semua program kerja OPD yang ada di Sulsel. Jadi mau dilihat itu bagaimana RPJMD,visi dan misi gubernur kemudian program dan kegiatan masing-masing SKPD. Dilihat kesinambungannya, benang merahnya,” ungkap Rizal.

Predikat B yang didapat oleh Provinsi Sulsel melalui evaluasi KemenPAN-RB karena masih terdapat kekurangan dari SAKIP atau Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan.

“Ada yang perlu diperbaiki sedikit dan itu semua masalah pencatatan saja. Sebenarnya dokumenya ada cuman pencatatan yang perlu kita perbaiki. Kita harap tahun depan kita dapat nilai A,” jelasnya.

Tujuan dari evaluasi tersebut untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil result oriented government serta pemberian saran yang diperlukan.

Penulis: Reski Hamid