MAKASSAR.TV, MAKASSAR — Tim Hiu Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Makassar berhasil mengamankan tiga orang mahasiswa asal Maluku. Mereka kedapatan akan mengedarkan ganja di wilayah kota Makassar, Rabu (11/4/2018) dini hari.

Kasat Narkoba Polrestabes Makassar, Kompol Diari Estetika mengatakan bahwa pihaknya terlebih dahulu mengamankan dua orang mahasiswa yang diduga sebagai Kurir.

“Kita amankan dulu dua mahasiswa , di Jalan Borong Raya sekitar pukul 14.00 Wita. Mereka adalah ST (22) dan FR (25),” kata Diari.

Dari hasil keterangan kedua kurir itulah, aparat kepolisian kemudian berhasil mengamankan seorang mahasiswa lagi yang diduga kuat sebagai bandar barang haram itu.

“Kita amankan JB, usianya 25 tahun, dia itu bandarnya. Kita amankan dia sore tadi di jalan Perintis Kemerdekaan IV. Dia juga mahasiswa,” jelasnya.

Modusnya sendiri, sambung Diari, JB terlebih dahulu memesan Ganja tersebut melalui jasa pengiriman udara dari pulau Sumatera ke Kota Makassar.

“Pesan dari Sumatera ke Makassar. Dugaan kami barang itu mau diedar juga ke Maluku, mereka bertiga kan asal Maluku,” lanjut Diari.

Bersama ketiga mahasiswa itu aparat kepolisian berhasil mengamankan 90 paket kecil ganja dan satu paket besar ganja yang sudah siap edar.

“Dugaan kami barangnya itu ada sekitar 1 Kilogram. Tapi saat kami amankan hanya tersisa 90 paket kecil dan 1 paket besar saja, yang beratnya sudah kurang dari 1 Kilogram,” jelasnya.

~ Bandar Ganja Ditembak

Aparat kepolisian kemudian meminta JB untuk menunujukkan di mana ia menyembunyikan sisa Ganja tersebut. Namun JB malah melawan petugas dan berusaha kabur.

“Nah dia berusaha kabur waktu kita minta tunjukkan di mana dia taruh itu barang, terpaksa kita lumpuhkan,” jelasnya.

JB pun akhirnya dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara Makassar untuk mendapatkan pertolongan pertama setelah kaki kanannya ditembus peluru.

Diari menyebutkan ketiga mahasiswa itu akan, dijerat pasal 111 dan 113 Undang-Undang Narkotika. “Mereka diancam hukuman maksimal tujuh tahun penjara,” Diari memungkasi.

Penulis: Fauzan Sulaiman